Emergency First Aid Course (EFAC) -- Kursus Gawat Darurat






Deskripsi


Emergency First Aid Course (EFAC) adalah Pelatihan Pertolongan Pertama Gawat Darurat atau kursus gawat darurat yang dapat diberikan kepada setiap orang, baik petugas kesehatan maupun orang awam dalam menanggulangi suatu keadaan yang mengancam nyawa (gawat) dengan situasi yang terbatas dan segera (darurat).

Pertolongan pertama merupakan tindakan awal yang harus segera  diberikan pada korban yang mengalami masalah kegawatdaruratan akibat Kecelakaan atau insiden gawat darurat ataupun oleh penyakit mendadak sebelum datangnya ambulans, dokter atau petugas terkait lainnya. Masalah kegawatdaruratan dapat menimpa siapa saja, dimana saja dan kapan saja, insiden gawat darurat kadang tak dapat terelakkan. Keadaan gawat darurat dapat disebabkan oleh kecelakaan, penyakit, kimiawi, kebakaran ataupun faktor kesengajaan.

Persoalan Pertolongan Pertama Dawat Darurat seringkali masih dianggap oleh kebanyakan orang adalah sebagai tanggung jawab para petugas kesehatan semata. Hal ini dapat dimaklumi karena mungkin informasi lengkap mengenai pemberian pertolongan pertama gawat darurat belum diperoleh. Padahal kenyataan di lapangan peran serta ataupun keterlibatan masyarakat dapat sangat berpengaruh, mulai dari mengurangi rasa nyeri, meringankan penderitaan, sampai menyelamatkan nyawa seseorang.

Angka kematian atau kecacatan akibat kecelakaan maupun insiden gawat darurat lainnya tiap tahun cukup tinggi. Hal yang ditunjuk sebagai penyebabnya antara lain ialah keterlambatan penanganan korban maupun kesalahan penanganan pertama oleh orang-orang yang pada saat kejadian berada di sekitar korban. Pemberian pertolongan pertama kepada korban adalah suatu hal yang sangat penting dalam upaya penyelamatan hidup serta pencegahan kecacatan.

Untuk dapat melakukan pertolongan pertama memiliki arti sama dengan menguasai ketrampilan yang berdasarkan pengetahuan, latihan dan pengalaman. Disamping itu upaya pertolongan pertama pada kegawatan dan kedaruratan bukan hanya masalah ketrampilan melakukan bantuan hidup dasar. Terkadang upaya pertolongan pertama harus berhadapan dengan kondisi “Live Saving”  atau keadaan yang mengancam nyawa bagi korban.

Emergency First Aid Course adalah pelatihan kegawat daruratan yang bertujuan memberikan pengertian dan keterampilan dasar mengenali kasus kegawat daruratan, sehingga dapat mengidentifikasi dan timbul keberanian atas dasar kemampuannya untuk menolong korban.

EFAC mengajarkan cara yang benar melaksanakan tindakan – tindakan untuk membantu memulihkan nafas dan denyut jantung spontan yang terhenti, mengatasi luka dan perdarahan, cedera pada otot dan tulang, transportasi korban, penanganan luka bakar, pertolongan pertama pada kelahiran dan sebagainya. Pelatihan ini ditunjang dengan alat peraga boneka emergency (manekin), dan peralatan yang beragam, mulai dari peralatan sederhana yang mudah ditemui sehari – hari, peralatan – peralatan yang hanya (biasa) ditemui di lokasi-lokasi kejadian, atau lokasi tertentu, hingga peralatan yang biasa dipakai petugas kesehatan.

Pelatihan EFAC ini dibimbing oleh tim pelatih berpengalaman yang telah mendapat pelatihan sebagai instruktur dan juga sebagai pelaku / pelaksana di lapangan langsung (dokter) sehingga dapat menyampaikan pengetahuan berdasarkan teori dan kenyataan lapangan yang memudahkan peserta untuk menyerap pelatihan ini.

TUJUAN PELATIHAN
 
KEMAMPUAN PENGETAHUAN
  • Memahami urutan prioritas penanganan pada setiap kegawatdaruratan
  • Memahami dasar moral dan etika dalam melakukan pertolongan pertama dan aspek legalitas serta tanggung jawab professional seorang penolong pertama sesuai dengan tugas dan tanggung jawab penolong pertama.

KEMAMPUAN KETRAMPILAN TEKNIS
Mampu memenentukan kondisi gawat darurat yang membutuhkan pertolongan  dan tindakan segera dengan penilaian kesadaran, pengelolaan Airway, Breathing, Circulation, melakukan RJP dan menghentikan perdarahan serta mampu melakukan perawatan pertolongan pertama untuk cedera. Peserta juga harus mampu untuk menggunakan peralatan penunjang seperti pemasangan neck collar, Oro Pharingeal Airway, Long Spine Board, tensimeter, pemeriksaan pupil, Tourniqet, Bag Valve Mask, dengan memperagakan kesemuanya dalam simulasi kasus kegawatdaruratan.


KLASIFIKASI PESERTA
1.      Rescue team suatu perusahaan
2.      Satpam perkantoran / perumahan / apartemen
3.      Ibu rumah tangga, babby sitter
4.      Guru
5.      pelajar
6.      petugas medis dan paramedic
7.      kelompok pecinta alam
8.      kelompok peminatan tertentu (klub olahraga, klub bersepeda)
9.      pegawai hotel dan restoran
10.  penyelenggara UMROH / HAJI
11.  Pekerja pengeboran minyak dan lepas pantai

KELAS PELATIHAN

Terdapat beberapa opsi pelatihan

SERTIFIKASI

Sertifikat diberikan kepada setiap peserta yang telah mengikuti pelatihan dan dinyatakan lulus (penilaian dilakukan setelah mengikuti pre dan post test, serta praktek)

Modul Pelatihan

1.      Buku kerja
2.      Prework
3.      Skill checklist
4.      Materi (dapat disesuaikan dengan kebutuhan klien/perusahaan dengan standar tertentu):
    1. Bantuan Hidup Dasar
    2. CPR
    3. Perdarahan dan Syok
    4. Luka Bakar & Kegawatdaruratan Akibat Listrik
    5. Kegawatdaruratan Akibat Bahan Kimia
    6. Penanganan Cedera Anggota Gerak
    7. Pemindahan Korban
    8.  Cedera jaringan lunak
    9. Kegawat daruratan pada kehamilan dan persalinan
    10. Keracunan 
    11. medis
    12. cedera kepala, spinal dan dada
    13. Pengenalan tubuh manusia
    14. Tindakan pencegahan infeksi

No comments:

Post a Comment

Post a Comment